Sabtu, 02 Februari 2013

Negara -Negara Maju Di Benua Eropa


Negara – Negara Maju Di Benua Eropa
      Pengertian Negara Maju Adalah : Negara Yang Rakyatnya Memiliki Kwalitas Yang Tinggi Dan Juga Mereka Sudah Tidak Melakukan Pembangunan Untuk Mencapai Kesejahteraan Hidupnya.
  • Ciri-Ciri Negara – Negara Maju:
1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi,dijual,dan diekspor.
2. Ekspor yang Dilakukan adalah Ekspor Hasil Industri dan Jasa
3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yg menunjang industrialisasi secara   cepat.
4. Pendapatan perkapita rata-rata penduduk tinggi.
5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi.
6. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi.
7. Tidak tergantung pada alam.
8. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern.
9. Angka harapan hidup tinggi dan Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
10.Tingkat perkonoian penduduk tinggi.
  • Masalah-masalah:
  • Tingginya tingkat imigrasi
  • kekurangan tenaga kerja
  • Keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA)
  • Negara Maju di Kawasan Eropa Barat adalah : Negara Inggris dan Perancis

Negara Jerman
Jerman adalah merupakan Negara yang terletak di pedalaman Benua Eropa dan hanya sebagian kecil yang berupa pantai. Jerman beribukota di Berlin. Negara ini merupakan negara dengan posisi ekonomi dan politik yang penting di Eropa maupun di tingkat dunia. Dengan luas 357.021 kilometer persegi (kira-kira dua setengah kali Pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa. Jerman terbagi menjadi 16 negara bagian, yang disebut Länder.
Republik Federal Jerman yang terletak di jantung Eropa adalah negara demokrasi terbuka, negara bertradisi besar dengan masa kekinian penuh hidup. Jerman termasuk negara berdaya ekonomi paling kuat di dunia; sektor ilmu pengetahuannya senantiasa melahirkan inovasi. Pada waktu yang sama industri kekreatifan dan kehidupan budaya berkembang dengan subur di Jerman.
Gambaran Umum Negara Jerman :
  • Keadaan Alam
1.      Luas wilayah : 357.050 KM2.
2.      Letak astronomis : 470 LU-550 LU dan 60 BT-150 BT.
3.  Letak geografis : Terletak di Eropa bagian barat yang sebagian besar daerahnya terletak di pedalaman benua.
4.    Batas-batas : Utara adalah laut utara, Denmark, dan laut baltik. Timur adalah Polandia dan Ceko slovakia. Selatan adalah Swis dan Austria. Barat adalah Perancis, Luxemburg, Belgia, dan Belanda.
5.      Bentang alam : Dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:
- Dataran rendah di bagian utara.
- Tanah tinggi tengah.
- Kawasan pegunungan Alpen.
  • Iklim : Sedang yang sejuk dan basah di daerah pantai serta Sedang yang kering dan  dingin di daerah pedalaman.
  • Keadaan Penduduk:
Pada tahun 2001, jumlah penduduknya sebesar 82.200.000 jiwa. Kepadatan penduduknya 230 jiwa/KM2. Pertumbuhan penduduknya 0,1% per tahun. Daerah yang berpenduduk padat adalah wilayah aliran sungai-sungai besar, daerah pelabuhan niaga, dan kota besar. Penduduk aslinya adalah campuran dari suku Teitonia, Kelt, dan bangsa Slavia.
  • Bentuk Pemerintahan : Republik, kepala negara dijabat oleh Presiden dan kepala pemerintahaan dijabat oleh perdana menteri yang disebut Kanselir.
v  Bahasa resmi : Bahasa Jerman.
v  Nama resmi : Republic Of Germany.
v  Bandara internasional : Wahn.
v  Mata uang : Deutsche Mark.
v  Lagu kebangsaan : Einigkeit Und Recht Und Freiheit Das Deutsche.
v  Agama : Mayoritas Protestan dan Katholik, sisanya Islam, Yahudi, dan Atehis.
  • Kegiatan Ekonomi :
Sumber perekonomian rakyat jerman sangat bervariasi dan merupakan negran yang tingkat perekonomian tinggi. adapun sumber ekonominya sebagai berikut:
1.      Pertanian, Hasil-hasilnya antara lain Padian-padian, umbi-umbian, kentang, anggur dan buah - buahan lainnya.
2.      Pertambangan. Hasil-hasilnya antara lain Tembaga, batubara, minyak bumi, gas alam, dan biji besi.
3.      Perindustrian. Industrinya antara lain Industri besi baja, konstruksi mesin, penyulingan minyak, kimia, mobil, tekstil, peralatan listrik, dll.
4.      Perdagangan dan perhubungan. Komoditas eksportnya antara lain Mesin-mesin, barang elektronik, dan mobil. Sedangkan komoditas importnya berupa bahan makanan dan bahan baku. Jerman mempunyai jaringan kereta api paling canggih di bumi dan jaringan jalan raya terpanjang di Eropa. Perhubungan air dan udara di Jerman sudah cukup baik.
* Kebudayaan
Budaya Jerman yang tinggi telah dikenal di seluruh dunia. Banyak ilmuan, arsitek, penyair, dan penulis yang berasal dari Jerman. Contoh ilmuan yang berasal dari Jerman misalnya Rudolf Diesel yang menemukan mesin diesel, Guttenberg yang menemukan mesin cetak, dan Wilhelm Rongent yang menemukan ronsen. Di Jerman terdapat lebih dari 160 universitas dan perguruan tinggi. Wajib belajar diterapkan pada anak-anak usia 6-16 tahun.

* Bentuk Kerjasama Jerman Dengan Indonesia :
ü  Pada bidang ekonomi:
Hubungan ekonomi antara Indonesia dan Jerman memiliki tradisi yang baik, cukup lama dan intensif. Jerman memiliki hubungan yang lebih tua dan lebih dalam ke Indonesia daripada ke negara-negara lainnya di Asia Timur atau Tenggara. Sejak abad ke 16 telah banyak saudagar, ilmuwan, dokter, misionaris, tentara dan pegawai dari Jerman yang tinggal di Indonesia. Kehadiran perekonomian Jerman di Indonesia sudah dimuali sejak abad ke 19 (Siemens 1855, Krupp 1876). Perekonomian Republik Federal Jerman terintegrasi secara internasional, tidak seperti perekonomian dari sebagian besar negara lainnya yang tidak begitu terintegrasi ke dunia internasional. Pada saat ini perusahaan-perusahaan Jerman menghasilkan kira-kira sepertiga omset mereka melalui perdagangan dengan luar negeri – tendensinya naik. Masa depan lokasi bisnis Jerman dan banyak pabrik tergantung dari perdagangan luar negeri yang dinamis. Oleh karenanya persaingan bebas, pasar terbuka dan persyaratan yang mendukung perdagangan dan investasi sangat menentukan. Demi tujuan tersebut Bagian Ekonomi Kedutaan dan Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman EKONID berusaha menjadi kontak person yang terpenting di Indonesia bagi para pelaku bisnis dari Jerman. Mereka juga mendapatkan dukungan dari koresponden Kantor Federal Ekonomi Luar Negeri (bfai) yang juga berkedudukan di Jakarta, seperti halnya Lembaga Kredit untuk Pembangunan Kembali (Kreditanstalt für Wiederaufbau – KfW).
ü  Pada bidang perindustrian:
Jerman tergolong negara industri yang paling maju perkembangannya di dunia, dan merupakan perekonomian nasional terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Jepang. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 82,3 juta jiwa, Jerman merupakan pula pasaran terbesar di dalam Uni Eropa (UE). Pada tahun 2007 dihasilkannya produk domestik bruto (PDB) sebesar 2.423 miliar Ero, yang berarti 29.455 Ero per kapita. Prestasi itu terutama dapat dicapai berkat perdagangan luar negeri. Dengan volume ekspor sebesar 969 miliar Ero (2007), sepertiga dari PDB-nya, Jerman adalah negara pengekspor barang terbesar di dunia dan mendapat julukan “juara dunia ekspor”. Maka perekonomian Jerman, berbeda dengan keadaan di kebanyakan negara lain, berorientasi global dan berpautan sangat erat dengan perekonomian dunia. Lebih dari setiap Eropa  keempat diperoleh sebagai imbalan untuk ekspor barang dan jasa – dan lebih dari setiap tempat kerja kelima tergantung dari perdagangan luar negeri. Pusat-pusat ekonomi terpenting di Jerman ialah Daerah Ruhr (daerah industri yang sedang berubah menjadi pusat teknologi tinggi dan jasa), kawasan di sekitar kota-kota München dan Stuttgart (teknologi tinggi, mobil), Rhein-Neckar (kimia) Frankfurt am Main (keuangan), Köln, Hamburg (pelabuhan, industri pesawat terbang Airbus, media), Berlin dan Leipzig.



Negara Prancis

* Keadaan Umum
Negara prancis merupakan negara terluas di benua Eropa. Negara ini merupakan negara tertua ke-3 di dunia setelah negara Ethiopia dan San Marino. Luas negara Prancis ialah ±543.965 km2. Wilayah prancis yang luas, menjadikan keadaan alamnya bervariasi dan semangat kebangsaannya tinggi, hal ini telah mengantarkan negara prancis mencapai masa kejayaannya yang gemilang dalam sejarah perkembangan di negara-negara Eropa. Sebagai negara industri yang maju, Prancis merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian yang kuat karenadiimbangi oleh kemampuan untuk menghasilkan bahan makanan dan industri serta hasil pertanian. Prancis merupakan negara maju kedua (sesudah Amerika Serikat) yang mengekspor bahan makanan hasil pertanian. Hasil ekspor ini cukup penting artinya dalam menambah devisa negara prancis.
                        Gambar peta Prancis                     
* Keadaan Alam
1)      Letak dan batas negara
A)    Letak astronomis: 42°LU - 51°LU dan 5°BT - 9°BB.
B)    Batas wilayah :
Utara: Selat Inggris dan Belgia; Selatan: Laut Mediterania dan Spanyol; Timur: Samudra Atantik; serta Barat; Jerman,Swiss, dan Italia.
2)      Bentang alam
Berdasarkan reliefnya, wilayah negara Inggris terbagi menjadi dua sebagai berikut.
A)    Di bagian barat dan tengah: terdapat daratan rendah luas yang membentang sepanjang pantainya dengan ketinggian kurang 250 meter dari permukaan air laut(mdpl). Dataran ini bersifat sangat subur sehingga banyak digunakan sebagai lahan pertanian.namun demikian, di daerah tanjung bagian barat terdapat dataran tinggi Brittany yang tanahnya kurang begitu subur akibat erosi.
B)    Di bagian selatan dan timur: terdapat pegunungan Vosges,Yura, dan Alpen dengan puncaknya ialah Gunung Blanc (4.807 mdpl).
C)    Di bagian tengah: terdapat dataran tinggi tengah (massif central) yang menjadi hulu dari Sungai Garonne, Sungai Loire, dan SungaiCher.
3)      Iklim sebagian besar wilayahnya negara Prancis beriklim laut sedang (sesuai untuk kegiatan pertanian). Negara Prancis memiliki curah hujan rata-rata berkisar 500 – 1.200 mm/tahun dan suhu rata-rata sekitar 15°C (suhu terendah 9°Cdi kota Lille dan suhu tertinggi 19,5°C di kota Strabourg).

* Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk negara Prancis adalah 60.424.210 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,3% setiap tahunnya dan kepadatan penduduk 111 jiwa/km2. Penduduk asli negara ini adalah orang prancis. Selain itu, di Prancis terdapat kelompok etnis yang berasal dari kaum imigran seperti dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia. Bahsa persatuan penduduk negara perancis adalah bahasa perancis serta sebagian besar penduduk perancis menganut agama Katolik Roma (±76,4%) dan selebihnya ada yang menganut agama islam, protestan, dan yahudi.
* Perekonomian
Perekonomian negara perancis di dukung oleh beberapa sektor berikut :

1.      Pertanian
Tanaman pertanian banyak di tanam di bagian utara dan timur laut negara perancis,karena di daerah tersebut sangat subur dan cocok untuk ditanami tebu dan gandum. Di bagian selatan perancis, banyak ditanami anggur atau (penghasilan terbesar kedua di dunia). Hasil pertanian perancis lainnya yaitu kentang, barley, apel, dan sayur-sayuran.

2.      Peternakan
Jenis ternak yang dipelihara adalah lembu, biri-biri, dan babi dengan hasil ternak berupa susu, daging, keju, dan mentega. Daerah peternakan terdapat di pantai barat laut (sapi perah), normandia dan requefort (keju) beserta perancis bagian tengah (daging).

3.      Perikanan
Jenis-jenis yang dihasilkan antara lain ikan haring, cod, tuna, dan kerang-kerangan. Penangkapan ikan dipusatkan dipelabuahan pantai armorica sedangkan pabrik perngalengan ikan terdapat di kota boulogne dan lorient.

4.      Pertambangan
Jenis-jenis tambang yang terdapat di perancis antara lain
*    Batu bara: artois, nord, dan lorraine
*    Minyak bumi : landes
*    Gas alam : pegunungan pyrene
*    Bijih besi dan fosfat : lorraine,
*    Bauksit : brignoles, provence, largen liere.

5.      Perindustrian
Jenis-jenis yang diusahakan dan dikembangkan antara lain :
*    Industri pengawetan dan pengalengan ikan: boulogne dan lorient.
*    industri mobil : renault.
*    Industri besi baja : usinor dunkerque
*    Industri pesawat terbang : paris, dan toulouse
*    Industri kimia: lyon

6.      Perdagangan
  • Komoditas eksport: mobil, lokomotif, kapal barang, barang kimia, tekstil, pakaian, persenjataan, dan anggur.
  • Komoditas import: batu bara, kapas, minyak bumi, bahan mentah industri, dan alat-alat transportasi.

7.      Kebudayaan
Negara perancis terkenal dengan seni bangunan, busana, lukis, dan seni pahat. Pendidikan di perancis langsung dikelola oleh pemerintahan dan tidak dipungut biaya (terutama kepada anak wajib belajar 6-11 tahun untuk jenjang sekolah dasar). Prancis memiliki perguruan tinggi, salah satunya adalah universitas paris yang di dirikan sejak tahun 1150 (universitas tertua).

8.      Pemerintahan
Bentuk pemerintahan negara perancis adalah republik dengan dikepalai oleh presiden dan perdana menteri. Paris merupakan ibu kota yang sekaligus menjadi pusat kegiatan pemerintah. Kepala negara di perancis memiliki masa jabatan 7 tahun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar